Holiday Books Recommendations (+Link Download)


https://secure.static.tumblr.com/21d87c8d35a6840692b9d9f3431b2644/5wel8xt/WN1nua2a3/tumblr_static_tumblr_static_81vnnd7ed0sogcoswgg8gc0g4_640.jpg

Haloo! Kali ini aku nggak bawa fanfiksi baru, melainkan sebuah rekomendasi! Hehehehe. Jadi dari tahun lalu tuh aku mulai suka ngubek-ubek iBookpile.com dan, tempat itu tuh asyik banget! Aku nemu PULUHAN NOVEL baguuuss banget (buatku) yang bisa diunduh secara gratis! Nah, karena lagi kurang kerjaan (plus aku juga pengen bikin daftar novel-novel yang aku suka) aku berniat buat bikin daftar REKOMENDASI BACAAN LIBURAN, yeay!

Note: ibookpile tuh website berbasis Bahasa Inggris (??) dan, tentu saja, novel-novel di sana berbahasa Inggris juga. Jadi, selain mereview sedikit ceritanya, aku nantinya juga bakal ngasih rating buat tingkat kesulitan Inggrisnya (englishku masih cetek euy). Dan sebagai pengingat, aku termasuk penyuka romance, jadi bisa dibilang buku-buku di bawah ini mengandung romansa! Ready? Go!


  1. MAGIC IN MANHATTAN SERIES by Sarah Mlynowski

https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/564x/1e/68/e4/1e68e4889b14deee8c32b1fcc58e610e.jpg

Nggak tahu kenapa, tapi wajib hukumnya buat nempatin buku ini ke nomor pertama. Aku punya seri pertamanya (berbahasa Indonesia) udah lamaaa banget. 2013, atau malah 2012? Dan baru tahu kalau novel ini ada kelanjutannya 2015 lalu (penyebab mengapa aku repot-repot request ke page iBookpile-nya buat nge-post series ini). Alhamdulillah ya, request-ku dinotis adminnya sehingga yess! Sekarang aku udah namatin baca seriesnya, hehe. Loh, kok malah curhat. Oke, oke. Jadi, Magic In Manhattan terdiri dari empat buku; Bras & Broomsticks, Frogs & French Kisses, Spells & Sleeping Bags, dan terakhir, Parties & Potions. Untuk sinopsis, bisa dibaca di link download yang akan kukasih nanti.

Bahasa yang digunakan nggak begitu susah (apalagi untuk Inggris pemula kayak aku!!!!), mungkin 6/10? Ya mungkin masih ada kata-kata yang sulit dipahamin di beberapa tempat tapi nggak terlalu banyak, kok, sehingga kita masih bisa paham ceritanya hehe. Plus humornya tuh menarik banget! Karakter-karakternya menarik dan narasinya bagus, mengalir dan nggak ngebosenin! (Trust me, aku baca tiga novelnya dalam waktu dua hari, sampe ngerelain waktu tidur).

  1. MADE YOU UP by Francesca Zappia

https://i1.wp.com/yamidnightreads.com/wp-content/uploads/2015/06/Made-You-Up.jpg

Yup, beda dengan novel di atas, yang satu inilah yang bikin aku menganga (dan kadang-kadang bikin air mata merembes). Buku ini mengangkat cerita penderita Skizofrenia, yaitu si tokoh sendiri. Aku nggak mau banyak ngasih review, ah, nanti jadi spoiler (ya soalnya banyak banget plot twist di buku itu, coba aja sendiri!).

Tingkat kesulitan bahasa: 7/10.

3.  ME BEFORE YOU by  Jojo Moyes

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/20/'Me_Before_You'.jpg/220px-'Me_Before_You'.jpg

Kalo kamu suka Wonwoo, kamu harus baca ini! Loh, kenapa??? Ya nggak pa-pa sih wkwkkw, cuma Wonwoo pernah bilang kalau dia baca ini buku dan NANGIS. Yokshi, aku juga nangis parah sih baca buku ini KARENA SESEDIH ITU. Tapi tenang, nggak semua bagiannya bikin nangis kok, paling ending-nya ja (loh loh spoiler). Hahaha. Selain itu, buku ini juga udah difilmkan dan katanya dapet rating tinggi? Hmm nggak ragu, sih, soalnya emang plotnya sebagus itu! Btw pemberitahuan dikit, ada dua buku dari seri ini, tapi aku masih dalam masa denial dan tidak ingin membaca buku keduanya, jadi yang kutulis di sini adalah buku pertamanya doang (tenang, buku keduanya, After You, juga ada di link nanti, kok).

Tingkat kesulitan bahasa: 8/10!!!! (English yang British, euy!)

  1. TO ALL THE BOYS I’VE LOVED BEFORE SERIES by Jenny Han

https://i2.wp.com/d.gr-assets.com/books/1372086100l/15749186.jpg

Ada dua buku di seri ini: To All The Boys I’ve Loved Before, dan P.S. I Still Love You. Kalau kamu baca ini, KAMU PASTI SUKA LARA JEAN! Karena dia tuh, se-likeable itu. Cewek yang sifatnya selalu pengen aku punyain!!! Ide cerita sangat menarik dan bahasa yang digunakan asyik sekali (aku baca ini di tahun 2015 dan berkeinginan baca lagi sekarang).

Tingkat kesulitan bahasa: 6/10.

  1. MY FAIR GODMOTHER SERIES by Janette Rallison

https://i0.wp.com/d.gr-assets.com/books/1442199335l/6735147.jpg

Fantasy-lover, WHERE ARE YOU NOW??? Yap! Buku ini bergenre fantasi dan SANGAT SANGAT menarik!!! Ibu Peri di jaman ini, siapa yang mau menolak?!!! Hehe, alay. Tapi aku suka banget-bangetan!! Series ini terdiri dari; My Fair Godmother, My Unfair Godmother, dan My Fairly Dangerous Godmother. Ketiga-tiganya tidak berkesinambungan, kok! Jadi kamu bisa baca satu buku aja, atau dua, lebih bagus lagi kalo kamu baca semuanya wkwkw.

Tingkat kesulitan bahasa: 7/10.

  1. THE LAST BEST KISS by Claire LaZebnik

https://i1.wp.com/d.gr-assets.com/books/1381948394l/18602796.jpg

Aku udah baca 3 buku LaZebnik dan inilah yang paling kusuka, bahkan aku nyelesain bukunya dalam satu malam! Ciri Claire LaZebnik itu adalah kehidupan SMA dan romansanya, jadi bisa dibilang kalau buku ini nggak banyak mengangkat problema di samping masalah ‘nyari-pacar’ dan keluarga. Tapi tetep, buat romance-sucker sepertiku, buku ini udah baguuuus banget!

Tingkat kesulitan bahasa: 5/10.

  1. CAN YOU KEEP A SECRET? by Sophie Kinsella

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/1/10/Can_You_Keep_a_Secret_book_cover.jpg

Kalau kamu chick-lit lovers, pasti tahu Sophie Kinsella (dia udah terkenal banget!). Nah, buku ini bisa dibilang merembet keluar dari zona amanku, karena Kinsella mengambil latar kehidupan orang yang udah bekerja. Tapi biarpun tingkat bahasanya jadi lebih susah, aku tetep suka sama buku ini karena plotnya menarik dan, eng ing eng, aku ngakak terus tiap bacanya HAHA. Kenapa kok aku ngakak? Cek aja link-nya! Hehehehe.

  1. HOW TO BE POPULAR by Meg Cabot

https://i1.wp.com/images2.fanpop.com/images/photos/4400000/How-to-be-Popular-meg-cabot-4412732-427-648.jpg

Yuhuu! Author favoritku! Jadi aku pertama baca buku ini pas kelas 11, pinjem bukunya di perpustakaan SMA yang, tentunya, udah berbahasa Indonesia, dan aku sukaaa banget! Jadi pada tahun 2015, aku menyadari kenyataan kalau buku ini belum ada di iBookpile dan tentu saja aku memutuskan untuk me-request lagi. Cuman, beda dengan Magic In Manhattan yang sehari request langsung diposting, aku harus NUNGGU LAMA BANGET buat buku ini. Dan beberapa hari yang lalu, buku ini akhirnya ada! YEAY! (Setelah menyadari perjuanganku buat baca buku ini lagi, kalian penasaran dong kayak gimana sih ceritanya??? Ya nggak???)

Tingkat kesulitan bahasa: 7/10!


Okee. Jadi ini dulu, deh, ya. Biarpun masih banyak banget buku yang pengen kurekomendasiin, tapi apa daya ini aja udah mau 1k, jadi stop deh x( cuman, saran aja nih, kalo buku-buku di atas masih kurang, kalian mampir saja ke iBookpile sendiri dan search sendiri! Serius, banyak sekali buku menarik yang menunggu kita! Hitung-hitung pengisi liburan  ya, nggak? Plus, kita bisa belajar banyak kata-kata asing baru!

Oh, dan karena beberapa format buku-buku online di atas itu adalah EPUB, maka aku juga akan ngasih beberapa rekomendasi tempat buat bacanya. Kalo kamu baca novelnya di PC, maka bisa download aplikasi calibre di internet. Google aja! Terus, kalo kamu lebih suka baca buku di HP (kayak aku!!) bisa cari di Play Store dengan keyword epub reader. Ada banyaaaak sekali pilihan! Cuman, setelah setahunan install-uninstall aplikasi epub reader, aku jadi agak-agak tahu aplikasi mana yang oke dan yang nggak begitu oke (bagiku). Karena itu pula, aku mau merekomendasi satu aplikasi yang cocok banget buatku, yaitu Moon Reader. Tampilannya bagus dan nyaman, ada berbagai macam font (plus kalian bisa download!!), dan ada banyak sekali fitur-fitur asyik lainnya! Yang paling asyik sih, tentu saja, ukuran aplikasinya yang termasuk kecil! Cihuy banget! (endorse ini tidak berbayar ya teman hahaha).

14 thoughts on “Holiday Books Recommendations (+Link Download)

  1. MB MEYDAAAA. Duh aku sebenernya udah baca post ini sejak lama, tapi bikos buka di wordpress gak enak, aku jadi gak sempet baca2 dan sampe bookmark di pcku WKWKWK. To be very honest, aku jarang baca cerita berbahasa inggris, apalagi beli bukunya DUHHH. Bikos males mikir (???) kecuali baca kayak pengetahuan atau buat referensi yha HAHAHAHA ketahuan malesnya. Tapi baca keteranganmu di sini menarikku untuk baca-baca, apalagi aku sedang bokek so gak bisa beli2 buku dulu hufet. Btw as megsmuggle have said, kamu cocok jadi spg deh kayaknya /nda

    Thank you for the recommendation, Mey!

    Like

  2. Kak, cara buka file ebook-nya gimana sih? Kan aku udah download terus file-nya itu tipe EPUB (?), itu cara bukanya gimana ya? Kok aku gak bisa kebuka T-T

    Like

    1. yep filenya emang dalam bentuk epub, hehe sebenernya udah kujelasin di bagian bawah postingannya. jadi kalo kamu bacanya di laptop bisa download aplikasi namanya ‘calibre’, google aja ada kok!🙂 tapi kalo kamu baca di hp android bisa download di playstore, search aja ‘epub reader’ (aku pribadi pake aplikasi namanya “Moon+ Reader”. hehehe silakan dicoba!!🙂

      Like

  3. walaah! pantes! now i got it hahahaha. HUHU WILL ㅠㅠ Untung masih ada traynor traynor lainnya (hm) (apa ini) After You oke kok aku sendiri lama setelah baca mby baru baca after you HAHAHAHAHA tapi lebih kepada baru sadar ada after you daripada menunda bacaaa. Turned out nice to read, jadi tida menyesaalll😀 Okedeh thanks for the recommendations, meyda!

    Like

    1. keluarga traynor yang jomblo tinggal adeknya will aja dhil huhu syedi ;_; endingnya gimana? sad apa happy? eh eh ga usah dikasih tahu deng biar kapan2 aku baca sendiri xD
      sama-sama dhilaaa!

      Liked by 1 person

  4. Hai, Mey! Emang ya mby tuh :’ kamu udah baca After You belom? Kedua bukunya bagus!😀 Btw, aku baru sadar kalo kita seangkatan???? kamu 99l yang grade sekolahnya bareng sama 98l ya?

    Like

    1. Halo, Dhil! yes mby-nya udah baca tapi after you-nya enggak (bilang saja aku lemah AKU MAUNYA WILL TRAYNOR AJA). iya dhil aku dituakan setahun wkwk makanya ga enak aja kalo panggil 98liners kakak xD

      Liked by 1 person

  5. Ibookpile emang surga banget buat yg suka baca ebook gratis. Di sana mayan lengkap untuk buku bestseller x) yup me before you itu emang something banget. Salah satu buku yg bikin aku susah muvon :”(
    Filmnya juga…… ah sudahlah.

    Thanks meyda udah rekomenin buku-buku buat dibaca xD

    Like

    1. yes bener banget!! dan adminnya cepet tanggap pula huhu i luv ibookpile :”
      pengen nonton filmnya juga!! sayang aku lagi bokek jadi nunggu di internet sajalah ;_;
      yap thanks juga lia sudah mampir dan baca ini ^________^

      Like

  6. Duh, kak mey yang masa mos kuliahnya masih lama, liburnya jadi kerasa banget yaa… Aku aja udah mau masuk T-T
    Tapi makasih buat rekomennya! Bisa di donlot lagi HUAHAHAHA lagi miskin berhubung thr nya seret 😥

    p.s: kak mey cocok banget jadi psg, menarik pembaca 😂

    Like

    1. Iya nes mosnya masih lama tapi ngurusin universitasnya yang ribet jadi liburan sambil stres-stres gitulah wkwkw xD
      hehehe makasih juga ya nes udah mampir dan baca ini! :3 BTW AKU NGAKAK BAGIAN PSG-NYA HAHAHA

      Like

Tell Me Your Wish?  ̄ε ̄)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s